Kamis, 05 Juli 2012

Contoh PTK


kehidupan sehari- hari. Siswa SMP umumnya menganggap bahwa mata pelajaran sains merupakan salah satu bidang ilmu yang tergolong sulit untuk dipahami sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran sains ini. Untuk itu guru bidang studi sains hendaknya menyajikan materi pembelajaran dengan baik dan menarik.

Berdasarkan observasi di beberapa SMP Negeri dan Swasta di Bandar Lampung,
penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya keterlibatan siswa
dalam pembelajaran dan aktivitas yang dilakukan cenderung tidak relevan dengan materi pembelajaran, aktivitas siswa sebatas mencatat dan mendengarkan, selain itu metode yang digunakan kurang mampu mengaktifkan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan konsepsi-konsepsi, aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi fisika menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah melalui metode inkuiri.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Bandar Lampung dan SMP Al-
Kautsar, dengan melibatkan 77 siswa kelas VIII Semester 2 Tahun pelajaran
2006/2007. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
dalam 3 siklus. Kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan
tindakan, evaluasi dan refleksi untuk tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa (1) Pemahaman konsep siswa pada siklus I rata-rata 70,62, siklus II ratarata 76,74 dan siklus III rata-rata 83,79 (2) aktivitas siswa pada siklus I yaitu rataratanya 63,5, siklus II rata-rata aktivitas siswa 74,33, dan siklus III rata-rata aktivitas siswa 79,38. (3) hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 64,12, siklus II nilai rata-rata 69,24, dan pada siklus III nilai rata-rata 74,31.

selengkapnya download disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA