Thursday 26 July 2012

Tip's Belajar Matematika dan Fisika

Banyak siswa yang belum menyadari bagaimana cara belajar Matematika-Fisika yang benar, padahal Matematika-Fisika senantiasa dijumpai setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari. Karena kurang menyadari bahwa Matematika-Fisika begitu dekat dengan kita, maka yang terjadi siswa kurang berprestasi dalam belajarnya. Parahnya lagi siswa benci terhadap pelajaran Matematika-Fisiika. Bagi kalian yang  ingin sukses dan berprestasi dalam belajar Matematika-Fisiika cobalah lakukan  langkah-langkah berikut ini :
1. Senangi Pelajaran Matematika-Fisika
Perasaan senang akan menimbulkan motivasi yang kuat untuk belajar. Belajar Matematika-Fisiika tanpa dilandasi rasa senang maka dalam diri kita akan timbul gaya tolak terhadap ilmu yang akan masuk, sehingga berapapun lama kita belajar maka kita tidak akan pandai Matematika-Fisiika.
2. Katakan "Matematika-Fisika itu mudah"
dengan berkata Ma-Sika mudah akan memberi sugesti 50 % untuk sukses. Bila kita berprasangka kalau Matematika-Fisiika itu sulit, maka kita akan menemukan kebenaran bahwa Matematika-Fisiika itu sulit, tetapi bila kita berprasangka bahwa Matematika-Fisiika itu mudah, maka insya Alloh kita akan menemukan kebenaran bahwa Matematika-Fisiika itu mudah.
3. Jangan membenci guru Ma-Sika-mu
benci terhadap guru Matematika-Fisiika akan berimbas pada benci juga pada pelajarannya. Bagaimana kita akan bersemangat belajar Matematika-Fisika kalau lihat gurunya saja sudah tidak suka?
4. Rumus  Matematika-Fisika jangan dihafal, tetapi harus hafal
Usahakan hafal rumus Matematika-Fisiika didapat karena seringnya menggunakan rumus tersebut untuk mengerjakan soal. Banyak siswa yang hafal rumus Matematika-Fisiika karena menghafalkan, maka ketika ulangan dia tidak dapat menggunakan rumus itu untuk menyelesaikan soal tersebut.
5.T eliti dalam memahami soal
Banyak konsep Matematika-Fisiika yang tersirat dalam soal, dan kita tidak menyadarinya, sehingga sering tejadi perasaan siswa benar dalam mengerjakan soal tetapi nyatanya salah.
6. Selesaikan soal Matematika-Fisika dengan "Smart"
Ibarat kita akan pergi ke suatu daerah, maka banyak jalan menuju ke daerah tersebut. Demikian juga banyak cara untuk dapat menyelesaikan soal Matematika-Fisika, maka pilihlah cara yang terpendek untuk menyelesaikannya, tanpa meninggalkan konsep awalnya

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

PERLU UNTUK DI BUKA