Sabtu, 21 Juli 2012

Mendikbud Melantik Sembilan Rektor dan Direktur Politeknik Negeri


Jakarta --- Sembilan rektor dan direktur politeknik negeri dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, hari ini, Jumat (20/07). Pelantikan yang dilakukan di Graha Utama Kemdikbud ini disertai dengan serah terima memorandum akhir jabatan dari rektor lama universitas Padang kepada rektor baru.
Dalam sambutannya, Mendikbud menyampaikan pentingnya akuntabilitas tata kelola perguruan tinggi. Sebagai jenjang tertinggi dalam pendidikan, diharapkan perguruan tinggi bisa menegakkan prinsip transparansi, efisiensi dan efektivitas. “Kalau bukan perguruan tinggi, siapa lagi yang diharapkan untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut,” ujarnya.


Termasuk untuk proses-proses pembudayaan dan pembelajaran, perguruan tinggi merupakan tumpuan terakhir untuk memenuhi kekurangan-kekurangan dari pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah. Untuk itu, Mendikbud meminta agar keberadaan perguruan tinggi jangan sampai dijadikan sebagai beban. Tapi justru sebagai bagian penting dari proses pendidikan.
Mendikbud menegaskan, orientasi akhir dari penyelenggaraan perguruan tinggi adalah kualitas. Jangan sampai setiap kebijakan yang dikeluarkan kontraproduktif dengan kualitas.  Sebagai salah satu bentuk komitmen pemerintah yang tidak bisa melepaskan tanggung jawab terhadap pendidikan tinggi adalah dengan melakukan penegerian beberapa perguruan tinggi, dan pendirian perguruan tinggi baru. “Meskipun pihak lain bisa melaksanakannya, tapi sebagai komitmen dasar harus dilakukan sendiri oleh pemerintah,” katanya.
Terakhir Mendikbud mengajak para rektor baru untuk lebih ramah sosial. Keramahan sosial makin diperkuat dengan keberadaan undang-undang pendidikan tinggi. Perguruan tinggi lebih pro aktif mendatangi kantong-kantong dimana masyarakat yang terhimpit persoalan ekonomi. “Kemuliaan perguruan tinggi bukan terdapat pada banyaknya mobil mewah yang parkir di depan kampusnya, tapi berapa banyak anak-anak miskin yang diberi karpet merah untuk masuk kampus tersebut,” katanya.
Adapun kesembilan rektor dan direktur politeknik yang baru dilantik adalah, Phil Yanuar, sebagai Rektor Universitas Padang; Bustami Rahman, sebagai Rektor Universitas Bangka Belitung; Philipus Betaubun, sebagai Rektor Universitas Musamus; Riswan, sebagai Direktur Politeknik Negeri Balikpapan; Priyono Eko Sanyoto, sebagai Direktur Politeknik Negeri Batam; Muhammad Milchan, sebagai Direktur Politeknik Negeri Bengkalis; Dede Buchori Muslim, sebagai Direktur Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung; Siegfried Berhimpon, sebagai Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara; Jemmy Jules Rangan, sebagai Direktur Politeknik Negeri Manado. (AR)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA