Kamis, 12 Juli 2012

Uji Kompetensi Guru (UKG) Perlukah? (Download Teknis UKG Online)

Di sekolahku baru gayeng-gayengnya guru membicarakan tentang UKG atau uji kompetensi guru yang akan direncanakan dimulai besok tanggal 30 Juli 2012 mungkin di sekolah Bapak ibu guru juga sama. Kekawatiran mungkin ada di benak beberapa guru yang akan menjalani UKG, dan ini wajar saja karena mereka memang belum pernah menjalankanya. sama seperti kita ketika kita akan menikah dulu juga kawatir "nanti gimna ya setelah nikah'? boleh tidak saya ibarakan seperti ini.
Pro kontra terhadap sesuatu yang baru memang wajar, Dan itu malah menjadi fenomena yang menarik karena mereka terus perhatian terhadap sesuatu yang diperbincangkan itu. Dan akhirnya mereka akan peduli terhadap apa yang dipermasalhkan, dan diharapkan akan mencari solusi pemecahananya. Begitu juga dengan UKG ini ya biarlah guru-guru yang sudah tersertifikasi memperbincangkanya dan nantinya diharapakan akan mencari solusi pemcahan menghadapi UKG ini.

Setelah mendengar berita bahwa UKG ini dari Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan Syawal Gultom mengatakan bahwa ujian ini tidak berujung pada lulus atau tidak lulus. “Tapi kita tetap menentukan passing grade,” katanya. Untuk guru yang berada di bawah passing grade akan dilakukan pembinaan lebih lanjut.

UKG ini juga digunakan
sebagai bahan pemetaan tidak mempengaruhi berhak atau tidaknya mereka untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi tentunya merupakan kabar gembira bagi guru karena tentu saja mereka akan kawatir kehilangan apa yang sudah diraihya berupa " 1 kali gaji Pokok". dan tentunya ini merupakan angka yang cukup besar dibandingkan dengan waktu dulu sebelum sertifikasi.

Namun begitu kita sebagai guru tidak hanya sekedar senang saja namun harus tetap berusaha untuk mendapatkan yangterbaik, dan ini yang dilakukan salah satu teman saya belajar, belajar dan belajar. Karena tentunya kita akan menanggung malu jika kita mendapatkan hasil nilai yang tidak seperti kita harapkan.

Saya sebagai guru sangat mendukung adanya uji komptensi guru karena mau tidak mau guru harus belajar, belajar dan belajar dari apa yang sudah diperolehnya selama ini. Jadi jika ada pertanyaan UKG perlu tudak menurut saya perlu, Walau perlu dipikirkan juga biaya operasional pelaksanaan UKG yang begitu besar. Namun saya pikir lebih banyak manfaatnya dari pada biaya yang dikeluarkannya.

Untuk memberi kabar teman- teman guru, sekarang sudah ada situsnya Uji Kompetensi guru. klik disini untuk mencari informasi nah tampilanya sebagai berikut ini :

http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id


Bapak ibu guru bisa mengetahui daftar calon pesertanya, daftar tempat pelaksanaanya, pedoman pelaksananya, ketentunya jug. Jadi siapkan sejak dini sebelum terlambat.
SELAMAT MENJALANI UKG BAGI GURU DAN SEMOGA BISA MENAMBAH MUTU GURU INDONESIA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA