Senin, 09 Juli 2012

Download Kumpulan Contoh Khutbah Jumat

Karena begitu banyak teks Khotbah maka bintang putuskan untuk mengumpulkannya menjadi satu dan membuat menjadi eBook. Terdapat sekitar 89 halaman, berisi kumpulan khutbah jumat yang lengkap. Berapa harganya? GRATIS kok! Silahkan aja langsung download dengan link dibawah ini
note: Anda akan diarahkan ke situs sharing 4shared, disana anda tinggal download saja ke komputer. Untuk membuka eBook khutbah ini anda bisa menggunakan software pdf reader semacam Acrobat Reader dsb.

Tata Cara Khutbah Jumat

Bukan hanya teks dari khutbah yang harus diperhatikan, namun juga adalah Tata Caranya, berikut kutipan yang diambil dari situs assunnah.or.id, tentang hal-hal mapun contoh tata cara khotbah pada hari jumat yang benar.
Tata Cara khutbah Jumat itu dari dua bagian, yaitu khutbah pertama dan kedua, di mana dipisahkan dengan duduk di antara dua khurbah. Dan harus dilakukan sebelum shalat, berbeda dengan Idul Fitri maupun Idul Adha
Adapun rukun khutbah Jumat, paling tidak ada lima perkara! Apa saja itu! silahkan dibaca teks lengkap dibawah ini
1. Rukun Pertama: Hamdalah
Khutbah jumat itu wajib dimulai dengan hamdalah. Yaitu lafaz yang memuji Allah SWT. Contoh nya adalah lafaz alhamdulillah, atau innalhamda lillah, atau ahmadullah. Pendeknya, minimal ada kata alhamd dan lafaz Allah, baik di khutbah pertama atau khutbah kedua.
2. Rukun Kedua: Shalawat kepada Nabi SAW
Shalawat kepada nabi Muhammad SAW harus dilafadzkan dengan jelas dan lengkap, paling tidak ada kata shalawat. Contoh nya adalah ushalli ‘ala Muhammad,  atau ana mushallai ala Muhammad atau as-shalatu ‘ala Muhammad.
3. Rukun Ketiga: Washiyat untuk Taqwa
Yang dimaksud dengan washiyat ini adalah perintah atau ajakan atau anjuran untuk bertakwa atau takut kepada Allah SWT. Dan menurut menurut Ibnu Hajar, cuukup dengan ajakan untuk mengerjakan perintah Allah. Sedangkan menurut Ar-Ramli, washiyat itu harus berbentuk seruan kepada ketaatan kepada Allah. Sedangkan Az-Zayadi, washiyat ini adalah perintah untuk mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Lafadznya sendiri bisa lebih bebas. Contoh nya dalam bentuk kalimat: takutlah kalian kepada Allah. Atau kalimat: marilah kita bertaqwa dan menjadi hamba yang taat.
Ketiga rukun lengkap di atas harus terdapat dalam kedua khutbah Jumat itu.
4. Rukun Keempat: Membaca Teks ayat Al-Quran pada salah satunya
Minimal satu kalimat dari teks ayat Al-Quran yang mengandung makna lengkap. Bukan sekedar potongan yang belum lengkap pengertiannya. Maka tidak dikatakan sebagai pembacaan Al-Quran bila sekedar mengucapkan lafadz: tsumma nazhar. Tentang tema atau contoh ayatnya bebas saja.
5. Rukun Kelima: Doa untuk umat Islam di khutbah kedua
Pada bagian akhir, khatib harus mengucapkan lafaz yang doa yang intinya meminta kepada Allah kebaikan untuk umat Islam. Contoh kalimat: Allahummaghfir lil muslimin wal muslimat . Atau kalimat Allahumma ajirna minannar.
Dengan terpenuhi lima persyaratan khutbah jumat diatas, Insya Allah akan diterima oleh Allah SWT.
Kalian sudah memiliki berbagai referensi contoh teks khutbah shalat jumat yang sangat lengkap melalui eBook yang bintang share diatas. Plus juga tambahan aturan tentang tata cara untuk melakukan khutbah. Semoga ini membantu anda menjadi seorang khatib yang baik.
Bagi saudara yang memiliki contoh lain tentang khutbah baik itu untuk shalat jumat, idul adha maupun idul fitri dan ingin membagikannya kepada umat muslim. Silahkan saja sampaikan ke dalam Form Komentar, tapi kami harap hanya link download saja, mengingat keterbatasan teks yang bisa ditulis di dalam komentar terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA