Senin, 09 Juli 2012

Cara Sehat Mengatasi Stres

Cara Sehat Mengatasi StresPernah mengalami stres.? Harus tahu cara mengatasi stres sebelum bertambah parah. Hampir setiap orang pernah mengalami stres, walau penyebab stres untuk setiap orang berbeda-beda. Yang jelas stres sangan mengganggu sehingga hidup menjadi tidak nyaman. Akibat tekanan yang berlebihan sehingga beban hidup terasa begitu berat, ada sebagian orang yang mengambil jalan pintas mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Untuk menghindari terjadinya bunuh diri, sebagiknya kita mempunyai teman yang bisa diajak berbagi, walau mungkin tidak mengatasi masalah, tetapi setidaknya mengurangi sedikit beban dalam hidupnya.

Stres Merupakan respon tubuh dalam menghadapi berbagai tekanan yang dianggap berat, dan tidak menemukan jalan keluarnya. Tekanan tersebut mungkin merupakan masalah yang datang dari luar (misalnya: surat pinjaman bank yang tertunggak, teman, pekerjaan, atau hubungan dengan pasangan). Dibawah ini kita kan bahas bagaiman cara mengatasi stres dengan cara yang benar.
1. Tidur Sejenak
Tidur sejenak selama 30 – 45 minit akan menyegarkan tubuh kembali. Orang-orang ternama yang memanfaatkan tidur siang untuk menangani stres adalah John F. Kennedy, Thomas Edison dan Salvador Dali.
2. Pengurutan
Anda boleh mengunjungi seorang pakar urut profesional ataupun meminta pasangan atau seorang sahabat untuk mengurut otot-otot leher dan bahu anda.
3. Mengekspresikan diri secara artistik
Jadilah orang yang kreatif dan alihkan energi anda secara positif. Anda boleh cuba untuk belajar akting, atau memainkan alat muzik, mengambil gambar, melukis, menulis puisi ataupun menyanyi. Muzik adalah media pereda stres yang sangat baik. Memainkan alat muzik atau cuma sekadar mendengar muzik sangat membantu untuk melegakan stres.
4. Kerap ketawa
Cara ini bukan rahsia lagi. Tertawa boleh menyebabkan stres yang ada hadapi menjadi lebih ringan. Sentiasa tunjukkan ekspresi yang menyenangkan diwajah anda.
5. Bersikap lembut terhadap diri sendiri
Sama ada disedari atau tidak, sebenarnya kita secara terus-menerus berbicara kepada diri kita sendiri. Berbicara kepada diri sendiri menunjukkan perilaku dan citra diri. Anda boleh mengubah kedua-dua perkara tersebut melalui pembicaraan yang positif kepada diri anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA