Tuesday 10 July 2012

Aspek yang dinilai dalam Penilaian Kinerja Guru (Hasil revisi)


   Aspek yang dinilai dalam Penilaian Kinerja Guru (Hasil revisi)
     Guru  sebagai  pendidik   profesional  mempunyai tugas  utama mendidik, mengajar,membimbing, mengarahkan,  melatih,   menilai,   dan   mengevaluasi   peserta   didik   pada pendidikan  anak     usia    dini   jalur   pendidikan      formal,  pendidikan       dasar,    dan    pendidikan   menengah. Selain tugas   utama   tersebut,   guru   juga   dimungkinkan  memiliki  tugas-tugas lain  yang    relevan        dengan       fungsi  sekolah/madrasah.
     Penilaian   kinerja      guru   kelas/mata   pelajaran   dan  guru  BK/Konselor dilakukan dengan mengacu kepada dimensi  tugas utama guru yang  meliputi kegiatan merencanakan dan   melaksanakan pembelajaran,  mengevaluasi dan  menilai  termasuk di dalamnya      menganalisis         hasil penilaian dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian.
     Dimensi   tugas   utama   ini   kemudian   diturunkan   menjadi  indikator kinerja yang dapat terukur sebagai bentuk unjuk  kerja guru dalam melaksanakan tugas utamanya sebagai perwujudan        dari   kompetensi yang  dimiliki  guru, khususnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.
     Pengembangan instrumen penilaian kinerja    guru  kelas/mata pelajaran dan     guru     BK / Konselor  yang  mencakup tiga (3) dimensi tugas utama dengan indikator kinerjanya masing-masing. Untuk masing-masing indikator   kinerja   dari   setiap  butir  dimensi   tugas   utama akan dinilai dengan menggunakan rubrik penilaian yang lebih rinci  untuk melihat  apakah unjuk  kerja dari kepemilikan  kompetensi tersebut  tampak dalam hasil kajian  dokumen  perencanaan  termasuk  dokumen pendukung  lainnya dan hasil pengamatan yang dilaksanakan oleh  penilai pada saat melakukan pengamatan dalam pembelajaran.
       Kisi-kisi instrumen yang menggambarkan hubungan antara       dimensi      tugas      utama      dan     indikator  kinerjanya dapat diperlihatkan pada`tabel berikut:
1.    KISI-KISI PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/MATA PELAJARAN
NO      DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU
I      PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.  Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta  didik..
2.  Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
3.  Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
4.  Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan  materi dan strategi pembelajaran
II.     PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN  EFEKTIF
       A. Kegiatan Pendahuluan
5.   Guru memulai pembelajaran dengan efektif
       B. Kegiatan Inti
6.  Guru menguasai materi pelajaran.
7.   Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
8.   Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran.
9.   Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
10.  Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
        C. Kegiatan Penutup
11.  Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
         III      PENILAIAN PEMBELAJARAN
12.  Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik.
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk  memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
14.  Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya.

Artikel Terkait

1 comment:

  1. http://ocaclick.com/images/banner4.jpg

    ReplyDelete

PERLU UNTUK DI BUKA