Kamis, 14 Juni 2012

Media Gambar Tiga Dimensi Untuk Pembelajaran, Murah dan Partisipatif



Klik di sini [untuk download artikel]
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Dalam kamus Inggris-Indonesia disebutkan bahwa media memilki arti yang sama dengan medium yang mengandung beberapa arti antara lain “ ...2. perantara...3. perantaraan...” (Echol, John M., et.al., 1992: 377). Sehingga dapat kita pahami bahwa media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat dijadikan sarana penghubung untuk mencapai pesan yang harus dicapai oleh siswa dalam kegiatan belajar.

Banyak media pembelajaran yang dapat kita gunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran ini, namu seringkali sekolah terbentur pada kendala kemampuan dalam pengadaannya. Terutama saat dihadapkan pada harga media yang harus dibelanjakan tidak dapat terjangkau oleh sekolah. Mengfhadapi hal ini sekolah melalui para guru harus memiliki daya kreasi yang tinggi agar dapat menciptakan sendiri media pembelajaran tersebut.
Media Gambar Tiga Dimensi, Media Pembelajaran Partisipatif
Dalam pembuatan media pembelajaran selain dapat menekan biaya ekonomis juga dalam pembuatannya dapat melibatkan peranserta siswa. Bahkan kita ciptakan suasana kompetitif dalam pembuatannya. Sehingga tercipta suasana kompetitif. Lebih besar lagi manfaat yang akan diperoleh adalah siswa lebih menguasai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai karena di sisi terjadi proses pembelajaran kontektual.
Salah satu media pembelajaran yang penulis maksudkan adalah media gambar tiga diumensi. Yaitu gambar yaang setidaknya memiliki tiga sisi depan belakang dan samping. Dengan demikian sebuah gambar tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai arah. Mengingat ini maka jelas media ini akan besar pengaruhnya bagi siwa dalam mencapai kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
Alat, Bahan, dan Proses Pembuatan
Pembuatan gambar dapat dilakukan dengan membuat gambar sendiri, atau menyunting dari gambar yang bisa di dapat di foto, poster, buku, atau media cetak lain. Usahakan gambar yang diperoleh dengan menampilkan berbagai sisi : tampakmuka, samping, dan belakang.
Cara paling mudah adalah dengan mengambil gambar dengan kamera digital. Lebih praktis lagi kita gunakan kamera digital yang ada pada handphone yang kita miliki. Sehingga alat yang kita butuhkan : gunting , cutter, kertas kover atau jenis, lem
Lebih rinci dapat penulis sampaikan langkah persiapan :
1. Buat sebuah gambar, agar hasilnya bagus buat dengan aplikasi komputer dengan ukuran 6 x 4 cm untuk tampak, depan, belakang samping kanan dan kiri.
2. Gunting gambar dengan mengambil fokus sosok modelnya, bagian bawah + 0,5 cm dari gambar disiapkan untuk pengeleman dibagian bawah gambar. Setelah itu tempelkan bagian tampak samping dengan samping. Tampak depan dengan tampak belakang.
3. Usahakan gambar yang diperoleh dengan menampilkan berbagai sisi : tampak muka, samping, dan belakang
4. Setelah penyuntingan selesai tempelkan gambar tersebut dengan berbagai posisi.
5. Sediakan kertas untuk media tempel gambar, agar kuat media tempel terdiri dari 2 (dua) lembar, buat lubang pada salah satu media tempel, masukan bagian gambar untuk pengeleman pada lubang.
6. Satukan kertas media tempel lainnya sehingga menjadi satu lembar.
Jika pembaca telah menguasai pengoperasian program komputer dapat melakukannya dengan menggunakan program yang sederhana yaitu MS. Word dan Program Paint. Dengan langkah :
1. Tampilkan gambar dari file yang ada seperti mengambil dari file image yang diambil dengan kamera digital atau hanphone berkamera
2. File gambar kita buka dan atur ukurannya dengan aplikasi paint maupun dengan format gambar pada microsoft word
3. Setelah dipilih klik copy pada menu view dan masuk ke Ms. Word klik paste kemudian masuk menu format picture.
4. Ater ukuran gambar agar sesuai kebutuhan
5. Lakukan langkah dari awal untuk mendapatkan gambar lain yang dibutuhkan dengan berbagai posisi.
6. gunting gambar dan satukan gambar tampak depan dengan tampak belakang, tampak samping kanan dengan tampak samping kiri
7. Setelah terkumpul tempelkan pada media tempel yang telah disiapkan
8. Perhatikan contoh gambar 3D yang penulis buat dengan menggunakan gambar dari foto camera digital

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA