Rabu, 20 Juni 2012

Lulusan Paket C Masih Terganjal untuk Kuliah

 Anak-anak sekolah rumah (homeschooling) yang memegang ijazah Paket C (setara SMA) masih ada yang mengalami kesulitan untuk melanjutkan kuliah. Penyebabnya karena pemegang ijazah Paket C diragukan kualitasnya.
Wakil Ketua Umum Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (Asah Pena) Budi Trikorayanto menyayangkan perlakuan diskriminatif dari beberapa perguruan tinggi terhadap pemegang ijazah Paket C. "Anak-anak homeschooling itu umumnya anak usia sekolah, bukan yang gagal ujian nasional di SMA lalu ikut Paket C. Tetapi perlakuan terhadap anak-anak homeschooling pemegang ijazah Paket C masih diskriminatif," kata Budi, Selasa (19/6/2012) di Jakarta.
Menurut Budi, di dalam ijazah Paket C telah jelas tertulis bahwa kedudukannya setara dengan ijazah SMA sederajat sekolah formal. Standar kelulusan peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) A (setara SD), B (setara SMP), dan C (setara SMA) sama seperti standar kelulusan di sekolah formal.
Asah Pena meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk bisa terus menyosialisasikan kesetaraan ijazah paket dengan ijazah sekolah formal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA