Minggu, 24 Juni 2012

MEMBANGUN BUDAYA BERPRESTASI DI MADRASAH MELALUI KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) DAN EXPO MADRASAH MEDP 2012

Foto
Pendis - (Jakarta, 19/06) Pada tahun 2012 ini Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan menggelar "hajatan besar pendidikan Islam" yang bertajuk, "Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional dan Expo Madrasah MEDP Tahun 2012." KSM Tingkat Nasional diikuti oleh perwakilan siswa terbaik dari 33 provinsi untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs). Untuk jenjang MA dibagi ke dalam 5 (lima) bidang lomba, yaitu: (1) Matematika, (2) Fisika, (3) Biologi, (4) Kimia, dan (5) Ekonomi, sedangkan untuk jenjang MTs dibagi ke dalam 3 (tiga) bidang lomba, yaitu: (1) Matematika, (2) IPA-Fisika, dan (3) IPA-Biologi.

Seperti diutarakan Direktur Pendidikan Madrasah, Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, M.Ag di ruang kerjanya beberapa waktu lalu, penyelenggaraan kegiatan KSM adalah salah satu cara Kemeneterian Agama untuk membuktikan kepada masyarakat umum bahwa pendidikan di madrasah tidak hanya mengajarkan pelajaran agama Islam, tetapi juga pendidikan sains dan teknologi. Justru muatan-muatan pelajaran Agama Islam di madrasah yang meliputi mapel Akidah Akhlak, Qur`an, Hadits, Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), plus Bahasa Arab merupakan nilai tambah (added value) pada pendidikan madrasah dibanding sekolah umum. Selain itu, melalui kegiatan KSM diharapkan dapat teridentifikasi potensi-potensi siswa-siswi madrasah yang akan diproyeksikan mengikuti Olimpiade Sains Internasional. "Penyelenggaraan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional dan Expo Madrasah MEDP Tahun 2012 menjadi momentum yang baik dalam memetakan siswa-siswi berprestasi di madrasah untuk diikutsertakan dalam Olimpiade Sains Tingkat Internasional," sambung Dedi Djubaedi.
Meski kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan, namun, seperti ditegaskan Dr. H. Sastra Juanda selaku Penanggung Jawab Kegiatan KSM Tahun 2012 pada rapat bersama antara Panitia Pusat dengan Panitia Lokal (Bidang Mapenda Kanwil Kemenag Jawa Barat) pada 14 Mei 2012 lalu, rencananya kegiatan KSM akan diselenggarakan setiap tahun. "Pada tahun-tahun ke depan, kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) akan dilaksanakan secara berjenjang, dari mulai Tingkat Kab/Kota, Tingkat Provinsi, lalu puncaknya pada tingkat Nasional," demikian tegas Sastra Juanda yang juga sebagai Kasubdit Kesiswaan pada Direktorat Pendidikan Madrasah.
Dalam satu rangkaian kegiatan KSM ini, MEDP (Madrasah Education Development Project)--proyek pengembangan pendidikan madrasah yang terselenggara atas kerjasama Kementerian Agama dengan Asian Developmen Bank (ADB)--menyelenggarakan sejumlah kompetisi yang diikuti oleh siswa, guru dan kepala madrasah sasaran MEDP yang tersebar di 27 kabupaten dan 3 provinsi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Seperti disampaikan Jamaludin, M.Ed selaku Ketua CPMU MEDP, sejumlah kompetisi ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan budaya berprestasi di kalangan madrasah, utamanya pada madrasah-madrasah sasaran MEDP. "Saya berharap, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai unjuk prestasi bagi madrasah-madrasah sasaran MEDP," tukas Jamaludin di sela-sela technical meeting panitia pusat pada 18 Juni 2012 di ruang sidang Ditjen Pendis.
Kegiatan antar siswa, guru dan kepala madrasah MEDP ini dilaksanakan sejak 1 April sampai 25 Mei 2012. Kompetisi ini meliputi 7 (tujuh) lomba, yaitu: (1) Lomba Leadership Madrasah (LMM) diikuti oleh 72 peserta, (2) Lomba Inovasi Pembelajaran Sains di Madrasah (LIPSM) diikuti oleh 174 peserta, (3) Lomba Karya Ilmiah Remaja Bidang Sains/MIPA (LKIR-01) diikuti oleh 98 peserta, (4) Lomba Karya Ilmiah Remaja Bidang Sosial-Keagamaan (L-KIR-02) diikuti oleh 71 peserta, (5) Lomba Film Pendek (LFP) diikuti oleh 66 peserta, (6) Lomba Mading Madrasah (LMM) diikuti oleh 63 peserta, dan (7) Lomba Stand Madrasah (LSM) akan diikuti oleh 81 peserta.
Berdasarkan hasil sidang Dewan Juri yang dilaksanakan pada 14 Juni 2012 bertempat di Ruang Sidang Mapenda Kanwil Kemenag Jawa Barat di Bandung, ditetapkan Nominee (5 besar) pada masing-masing kategori lomba, sebagaimana daftar berikut ini:
A. Lomba Leadership Madrasah (LM)
1. Najmah, M.Pd (MTs NU Pakis Malang Jawa Timur)
2. H. Fachrurrozi, S.Pd (MA Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak)
3. Muhadi, S.Ag (MI Assalam 1 Wado Blora Jateng)
4. Drs. Sugiyono (MTsN Bagor Nganjuk Jawa Timur)
5. Muhammad Fauzi, M.Ag (MI Al Hidayah Wajak Malang Jawa Timur)
B. Lomba Inovasi Pembelajran Sains di Madrasah ( IPSM )
1. Endah Astwi Budi Lestari (MTsN Pacitan Jawa Timur)
2. Dra. Mukhlishotin (MTs N Nglawak Kartosono Nganjuk Jawa Timur)
3. Suja`i, S.Pd (MA Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan Jawa Timur)
4. Mamik Islami Nurhidayati, S.Pd (MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Jawa Timur)
5. Nurul Huda, A.Md (MI Mu`abbidin Sukorejo Demak Jawa Tengah)
C. Lomba Karya Ilmiah Remaja Bidang Sains/MIPA (LKIR 01)
1. Dwi Nugraheni & Suci Wabaroh (MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Jawa Tengah)
2. Binti Latifah & Kharisma Octi Hastuti (MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek Jawa Timur)
3. Siti Fatimah & Wasilatul Akmariah (MA Miftahul Ulum Suren Jember Jawa Timur)
4. Pawit Ngafani & Fitarahmawati (MAN Kalibeber Wonosobo Jawa Tengah)
5. M. Dzikrulloh & Nailul Fahmi (MA Darul Faizin Assalafiyah Jombang Jawa Timur)
D. Lomba Karya Ilmiah Remaja Bidang Sosial/Keagamaan (LKIR 02)
1. Azdi Noor Majid & Syaafi`i Nurwahyono Sustami (MTsN Pacitan Jawa Timur)
2. Anisa Nur Safitri (MTs Al Fatah Badas Kediri Jawa Timur)
3. Anggi Mukhairoh Abdu & Amir Hasan (MTs Al Ma`arif Rakit Banjarnegara Jawa Tengah)
4. A.Syamsul Bahri & Siti Khusnul Khotimah (MTs Hasyim Asya`ri Blora Jawa Tengah)
5. Ani Siti Basiroh & Maratul Iffah (MI Plus Bustanul Ulum Tunglur Kediri Jawa Timur)
E. Lomba Film Pendek (LFP )
1. Impianku Masih Tanda Tanya (MA Muhammadiyah Bantaeng Sulawesi Selatan)
2. Darah dan Harapan (MTs Al Ikhlas Ujung Bone Sulawesi Selatan)
3. Kuncup Bunga Mekar Kembali (MI Ma`arif 04 Gentasari Kroya Cilacap Jawa Tengah)
4. Kado Untuk Ibu (MTsS Nuril Huda Tawangharjo Grobogan Jawa Tengah )
5. The True Story of Bejo (MA Plus Plus Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak Jawa Tengah)
F. Lomba Mading Madrasah (LMM)
1. Asrofiatun Hidayah (MTs Sholihiyyah Kalitengah Demak Jawa Tengah)
2. M. Arif Shalahudin (MI Negeri Kedungombo Nganjuk Jawa Timur)
3. Rusli Nasir (MTs Babussalam DDI Kassi Jeneponto Sulawesi Selatan)
4. Rifki Ulinuha (MTs NU Pakis Malang Jawa Timur)
5. Susanto (MTs Nuril Huda Tawangharjo Grobogan Jawa Tengah)
Pada puncak acara KSM Tingkat Nasional dan Expo Madrasah MEDP yang dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 29 Juni 2012 di Hotel Harris dan Hotel Horison Bandung, para nominee tersebut akan mengikuti final lomba untuk memperebutkan Juara I, Juara II, dan Juara III.
Berbarengan dengan event ini, Direktorat Pendidikan Madrasah juga sekaligus akan menggelar Rembug Nasional Guru Madrasah yang akan dihadiri oleh kurang lebih 1000 (seribu) orang guru yang diundang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Selain itu, puncak acara KSM Tingkat Nasional dan Expo Madrasah MEDP 2012 ini akan diramaikan dengan sejumlah kegiatan, seperti Seminar Nasional Pendidikan Islam, Pameran (expo) hasil kreatifitas dan inovasi sains siswa-siswa madrasah MEDP dari provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. (Ch)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA