Sabtu, 30 Juni 2012

TUGAS GURU BK/BP | TES KEPRIBADIAN SISWA

Jadi guru BK itu tugas yang sangat mulia, medddndekati peserta didik dengan hati. Bukan karena materi semata tapi guru BK menjalankan tugasnya dengan hati. Tanpa hati guru BK tak mungkin sukses membimbing dan mengonseling peserta didik. Dari 700 siswa misalnya, guru BK harus tahu detail siswa satu persatu mulai dari latar belakang keluarga, tinggal dengan siapa, dan lahir tahun berapa. itulah guru BK.
Tugas guru BK adlah membimbing dan mengonseling siswa/ peserta didik. Bimbingan dan konseling merupakan  upaya proaktif dan sistematik dalam memfasilitasi individu mencapai tingkat perkembangan yang optimal, pengembangan perilaku yang efektif, pengembangan lingkungan, dan peningkatan fungsi atau manfaat individu dalam lingkungannya. Semua perubahan perilaku tersebut merupakan proses perkembangan individu, yakni proses interaksi antara individu dengan lingkungan melalui interaksi yang sehat dan produktif. Bimbingan dan konseling memegang tugas dan tanggung jawab yang penting untuk mengembangkan lingkungan, membangun interaksi dinamis antara individu dengan lingkungan, membelajarkan individu untuk mengembangkan, merubah dan memperbaiki perilaku. ole karenanya Bimbingan dan konseling bukanlah kegiatan pembelajaran dalam konteks  adegan mengajar yang layaknya dilakukan guru bias atau guru mata pelajaran yakni sebagai pembelajaran bidang studi, melainkan layanan ahli dalam konteks memandirikan peserta didik.
Selain dengan wawancara dan konseling, untuk mengetahui kepribadian anak/ siswa adlah dengan melakukan tes psikologi. Adapun macam-macam tes psikologi untuk mengecek kepribadian siswa adalah sebagai berikut :
MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventories)
 CPI (California Psychological Inventory)
 Personality Inventory for Children
 16 PF (Sixteen Personality Factor Questionnaire)
 MCMI (Millon Clinical Multiaxial Inventory)
EPPS (Edward Personal Preference Schedule)

1 komentar:

  1. iklan yg ada sangat bertentangan dg tema blog ''pemerintah indonesia menerapkan pendidikan berkarakter'

    BalasHapus

PERLU UNTUK DI BUKA