Jumat, 06 Juli 2012

Pengertian Belajar

Artikel pendidikan kali ini akan membahas mengenai pengertian belajar. Bagi yang berprofesi sebagai guru, kegiatan belajar mengajar tentunya sudah menjadi kegiatan sehari hari dalam lingkungan sekolah. Penulis sendiri sampai detik ini masih setia untuk selalu belajar karena didalam belajar itulah kita bisa menemukan apa yang belum kita ketahu sebelumnya. Dibawah ini ada pengertian belajar dari para ahli.
Menurut Hilgard (dalam Sanjaya, 2006: 112)  belajar itu adalah “proses perubahan melalui kegiatan atau prosedur latihan, baik latihan didalam laboratorium maupun dalam lingkungan alamiah”.
Menurut aliran behavioristik, belajar pada hakikatnya adalah pembentukan asosiasi antara kesan yang ditangkap pancaindra dengan kecenderungan untuk bertindak atau hubungan antara Stimulus dan Respons (S-R).
Gagne (dalam Komalasari, 2010: 112) mejelaskan bahwa pengertian belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku yang meliputi perubahan kecenderungan manusia seperti sikap, minat, atau nilai dan perubahan kemampuannya yaitu peningkatan kemampuan untuk melakukan berbagai jenis kinerja. Belajar merupakan merupakan suatu kegiatan yang bisa menghasilkan perubahan tingkah laku pada dirinya seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan (Sunaryo, dalam Komalasari: 2010)
Berdasarkan dari beberapa uraian mengenai pengertian belajar diatas, maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah Proses perubahan perilaku karena adanya Stimulus dan Respons yang didapatkan melalui pengalaman dan latihan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA