Friday 15 June 2012

Stres karena Putus Cinta Bisa Membuat Wanita 'Gila'

Untuk sebagian wanita, putus cinta bisa membuat mereka terpuruk. Hancurnya perasaan bisa menyebabkan wanita bertindak 'gila', seperti menyakiti diri sendiri atau hal lain di luar batas. Mengapa demikian?

"Sebenarnya, seseorang bisa lebih stres saat dia kehilangan pasangan daripada kehilangan pekerjaan atau hal lain dalam hidupnya," tutur Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, seorang psikolog klinis, yang diwawancarai wolipop, Kamis (14/06/2012).

Saat wanita merasa stres, dia bisa melakukan apa saja untuk menenangkan perasaannya, termasuk melukai diri atau balas dendam dengan pasangan. Hal itu karena dia merasa sang kekasih adalah segalanya dan telah menaruh harapan yang terlalu besar pada si pria.

"Bagaimana pun juga yang namanya pacar itu kan sudah sangat dekat, mungkin sudah punya harapan lebih, dan pada saat itu dia merasa begitu mencintainya makanya bisa melakukan hal-hal yang ekstrim," ujar psikolog lulusan Master Psikologi Universitas Indonesia di bidang klinis dan Master of Health Profession Education dari Universitas New South Wales, Australia itu.

Selain karena cinta, wanita juga bisa berbuat 'gila' ketika putus jika telah memberikan segalanya, seperti pernah berhubungan seks. Akan tetapi, tidak semua wanita yang pernah berhubungan seks selalu melakukan tindakan di luar batas setelah putus cinta.

"Wanita yang pernah berhubungan seks tidak menjamin mereka akan melakukan hal yang ekstrim, kecuali kalau wanitanya nggak siap, mungkin merasa terpaksa sudah memberikan segalanya demi cinta, tapi tetap ditinggalkan oleh kekasihnya," jelas Rosdiana.

Psikolog yang juga ibu dari dua anak ini menjelaskan lagi, dampak buruk dari putus cinta tidak hanya melakukan hal yang 'gila'. Ketika orang putus cinta, dia pun bisa menjadi frustasi. "Dampak paling buruk dari putusnya hubungan bisa sampai depresi karena sedih yang berkepanjangan. Kalau sudah begini, lebih baik pergi ke psikolog," sarannya.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

PERLU UNTUK DI BUKA