Contoh Soal Ujian Akhir PLPG SD - kampus info akan memberikan Contoh Soal Ujian Akhir PLPG SD namun yang akan diberikan kalia ini adalah soal pilihan ganda. Jika anda sering membacannya maka anda akan cepat hafal dan bisa menjadi referansi untuk anda semuanya.
Soal Pilihan Ganda.
1.Ciri-ciri khas guru yang mempunyai tanggung jawab pribadi yang tinggi, kecuali :
kecuali :
dengan gelar profesional yang disandangnya, kecuali :
komponen sistem pemelajaran, kecuali :
berpijak pada dua kesesuaian, yakni kesesuaian :
tujuan agar :
utama adalah :
42. DAP (Depelopmentally Appropiate Practice) merupakan prinsip-prinsip kesesuaian dalam pendekatan pembelajaran yang efektif. Prinsip tersebut meliputi :
supaya:
proses ?
penalaran moral secara konvensional adalah :
Kewarganegaraan bagi anak usia SD kelas awal, diantaranya adalah :
dengan semboyan “Tan Hana Darma Mangrwa”
Makna dari semboyan kedua adalah :
yang selalu ingin berbuat serakan dan menindas, sampai pada akhirnya ada sebuah deklarasi
sedunia tentang pengakuan hak azasi tersebut yang dikenal dengan :
membuat garis-garis besar cerita. Pada kegiatan ini siswa melakukan kegiatan :
meminta muridnya membaca buku dan melaporkan apa yang sudah dibaca. Jenis membaca
yang dilakukan oleh murid Bu Wati adalah :
bahasa secara :
tersebut merupakan tujuan dari keterampilan berbahasa :
Soal Pilihan Ganda.
1.Ciri-ciri khas guru yang mempunyai tanggung jawab pribadi yang tinggi, kecuali :
a. Mengerjakan pekerjaan yang diberikan kepadanya secara tuntas2.Contoh pribadi guru yang melaksanakan tugasnya secara profesional, diantaranya :
b. Selalu berusaha menghasilkan yang terbaik
c. Merasa bertanggung jawab atas semua yang dihasilkannya baik yang buruk atau yang jelek
d. Sering menyalahkan orang lain dan kondisi, kalau ada hal-hal yang kurang tepat salah
a. Setiap hari datang ke sekolah selalu pagi3.Makna dari Kode Etik guru Indonesia yang harus difahami guru, kecuali :
b. Melaksanakan peran guru sepanjang waktu
c. Membuat jurnal harian
d. Membimbing anak les
a. Sebagai himpunan nilai-nilai dan norma-norma profesi guru4.Etos kerja yang perlu dipahamidan dijadikan budaya kerja bagi guru karena beberapa alasan,
b. Sebagai landasan moral dan pedoman tingkah laku setiap guru dalam menunaikan tugas
kepribadiannya.
c. Pedoman berperilaku di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
d. Merupakan alat yang amat penting untuk menuntut hak profesional para anggota profesi
keguruan
kecuali :
a. Kerja itu rahmat, oleh karena itu guru perlu jiwa besar, pikiran luas, hati baik, sumber berkah,5.Beberapa komitmen yang harus dilaksanakan secara berkelanjutan oleh guru , berkaitan
suka cita, ikhlas, bersyukur
b. Kerja itu amanah, oleh karena itu guru harus adil, benar, jujur, aman terpercaya,
bertanggung jawab, pembangun dan pengembang
c. Kerja itu panggilan, oleh karena itu guru harus responsif, ekspresif, unik, khas,
berintegrasi, tumbuh menjadi bigger-higher, dan better.
d. Kerja itu seni, oleh karena itu guru harus pandai bernyanyi, menari dan suka berpenampilan
indah
dengan gelar profesional yang disandangnya, kecuali :
a. Selalu belajar mengembangkan pengetahuan dari berbagai sumber6. PAKEM merupakan singkatan dari :
b. Mengembangkan kurikulum sesuai kemampuan
c. Selalu memperhatikan keragaman latar belakan keluarga peserta didik
d. Memenuhi kebutuhan individual dalam belajar di kelas maupun di area sekolah
a. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Ekonomis dan Menyenangkan7. Salah satu ciri PAKEM adalah :
b. Pendidikan Aktif, Kreatif Efektif dan Menyenagkan
c. Pembinaan Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
d. Pembelajaran Aktif, Kreatif namun tetap Efektif dalam suasana yang menyenagkan
a. Dominan menggunakan metode ceramah8. Salah satu cri pembelajaran yang erpusat pada guru adalah :
b. Sumer belajar utama adalah buku paket
c. Lingkungan sebagai sumer belajar
d. Pembelajaran erpusat pada guru
a. Siswa sktif9. Pembelajaran yang erpusat pada guru dapat mengakibatkan :
b. Guru menciptakan pembelajaran yang menantang
c. Jawaban siswa harus sama dengan guru
d. Metode pembelajaran ervariasi
a. Motivasi belajar anak meningkat10. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah :
b. Siswa kurang dapat bekerja sama
c. Guru menjadi kreatif
d. Pembelajaran bermakna
a. Guru memahami anak secara perorangan11. Berikut ini adalah hal-hal yang harus termasuk dalam abstrak, kecuali :
b. Memanfaatkan uku paket sebagai sumber belajar
c. Menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
d. Guru tidak memberikan umpan balik
a. Tujuan penelitian12. hal yang penting disampaikan pada latar belakang masalah adalah :
b. Metode penelitian
c. Daftar pustaka
d. Kesimpulan
a. Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran13. Pada bagian hasil dan pembahasan, yang perlu disampaikan secara rinci adalah :
b. Upaya apa yang pernah dilakukan
c. Apa akibatnya bila masalah itu tidak segera diselesaikan
d. Semua benar
a. Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan14. Pada bagian kesimpulan harus menjawab :
b. Metode penelitian
c. Latar belakang masalah
d. Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan
a. Manfaat penelitian15. Lampiran penelitian meliputi :
b. Tujuan penelitian
c. Masalah penelitian
d. Metode penelitian
a. RPP16. Penyusunan RPP merupakan penjabaran dari silabus. Prinsip ini didasarkan pada teori :
b. Foto
c. Hasil Instrumen
d. Semua benar
a. Sitem17. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator digunakan untuk mengembangkan komponen silabus, kecuali :
b. Belajar
c. Pembelajaran
d. Komunikasi
a. Tujuan18. Langkah pertama menyusun RPP sebelum mengembangkan komponen pokok RPP :
b. Materi
c. Strategi
d. Evalusi
a. Menuliskan standar kompetensi19. Bahan ajar yang ersifat self contained (bahan belajar mandiri) dirancang dengan
b. Mengidentifikasi identitas mata pelajaran
c. Menuliskan judul mata pelajaran
d. Mengidentifikasi materi pokok
komponen sistem pemelajaran, kecuali :
a. Tersedia petunjuk guru dan petunjuk siswa20. Lembar Kerja Siswa (LKS) dikembangkan berdasarkan komponen di dalam silabus dan RPP :
b. Tersedia tujuan, materi, latihan dan formatif
c. Tersedia kunci jawaban dan umpan balik
d. Tersedia lembar jawaban
a. Tujuan pembelajaran21. Kalimat yang menunjukan adanya bilangan kardinal adalah :
b. Materi pembelajaran
c. Kegiatan belajar siswa
d. Strategi pembelajaran
a. Rony memperoleh nilai tertinggi dalam tes matematika22. Pendekatan spiral dalam pembelajaran matematika SD mengiindikasikan b ahwa pembelajaran diberikan melalui :
b. Riana mempunyai tiga anjing
c. Rerata nilai UASBN matematika tahun ajaran 201 1/2012 merupakan nilai terendah yang
dicapai SD Pesisir
d. Hanya siswa dengan nomor tes akhir yang tidak mendapat hadiah
a. Matematika horisontal23. Pemelajaran matematika yang menerapkan konsep DAP merupakan pemelajaran yang
b. Matematika vertikal
c. Objek langsung matematika
d. Konteks yang dekat dengan anak
berpijak pada dua kesesuaian, yakni kesesuaian :
a. Objek langsung dan tidak langsung matematika24. Pembelajaran bilangan dapat diajarkan dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk
b. Matematika horisontal dan vertikal
c. Usia dan karakteristik individual
d. Pengetahuan konseptual dan prosedural
a. Memandingkan banyak benda25 Model yang tidak dapat digunakan untuk menjelaskan konsep operasi bilangan adalah :
b. Membilang benda secara bermakna
c. Memanipulasi benda yang menunjukkan banyak dan urutan benda
d. Membilang benda secara hapalan
a. Himpunan26. Yang dimaksud IPA sebagai pruduk adalah :
b. Luas
c. Panjang
d. Volume
a. Kumpulan pengetahuan hasil temuan ahli IPA27. Keterampilan komunikasi dapat dikembangkan dalam pembelajaran IPA melalui :
b. Teknologi yang dikembangkan seagai hasil terapan IPA
c. Keterampilan yang lengkap mendapatkan IPA
d. Berbagai sikap ilmiah yang dikembangkan melalui telaah IPA
a. Menusun penelitian28. Di Bawah ini yang merupakan sikap ilmiah yang dikembangkan melalui pembelajaran IPA di SD adalah :
b. Merumuskap hipotesis
c. Dapat membuat kesimpulan
d. Mengajukan hipotesis
a. Kemampuan prediksi29. Alasan pembelajaran IPA tak cukup hanya diajarkan dengan ceramah :
b. Menghargai pendapat teman
c. Dapat membuat kesimpulan
d. Mengajukan hipotesis
a. Materi pembelajaran IPA di SD terlalu anyak30. Yang termasuk keterampilan proses menengah adalah :
b. Pembelajaran IPA selalu harus dieksperimenkan
c. Selalu tersedia alat IPA yang memadai di sekolah
d. Tidak membelajarkan siswa keterampilan proses
a. Mengukur suatu besaran dengan alat ukur tertentu31. Yang dimaksud dengan IPA sebagai pruduk adalah :
b. Membandingkan satu objek dengan objek lain
c. Mengelompokkan berdasarkakriteria tertentu
d. Mengajukan prediksi atasberbagai kemungkinan
a. Pemerolehan IPA melalui metode ilmiah32. Salah satu contoh keterampilan proses IPA adalah :
b. Konsep-konsep IPA hasil temuan ahli IPA
c. Produk-produk IPA seperti barang-barang teknologi
d. Sikap ilmiah yang dikembangkan melalui pembelajaran IPA
a. Ingin sesuatu yang baru33. Salah satu contoh sikap ilmiah pada pembelajaran IPA adalah :
b. Berfikir bebas
c. Disiplin
d. Komunikasi
a. Bertanggung jawab34. Keuntungan pendekatan keterampilan proses jika diterapkan pada pembelajaran IPA :
b. Melakukan eksperimen
c. Mengajukan hipotesis
d. Membuat kesimpulan
a. Berkembangnya jumlah pertanyaan pada anak35. Lingkungan tepat digunakan sebagai media pembelajaran IPA di SD karena :
b. Guru tidak perlu terlalu aktif dalam mengajar
c. Alat yang digunakan tersedia di sekitar anak
d. Sekaligus dapat mengajarkan IPA sebagai produk
a. Lingkungan merupakan sumber belajar36. Pembelajaran IPA sejalan dengan metode ilmiah adalah :
b. Sesuai dengan objek pembelajaran IPA
c. Guru tidak perlu bersusah payah
d. Harganya sangat murah
a. Anak diberi penjelasan semua konsep yang dipelajari37. Penerapan prinsip belajar berkesinambungan pada pembelajaran IPA adalah :
b. Anak diberi ceramah lalu melakukan percobaan
c. Anak dibiarkan untuk melakukan percobaan sendiri
d. Anak melakukan percobaan lalu diajak menyimpulkan
a. Belajar sepanjang hari38. Melalui kurikulum, sekolah Dasar telah mengajarkan Ilmu Pengetahuan Sosial, yang memiliki
b. Belajar dengan pengamatan
c. Belajar dari contoh yang sulit terlebih dahulu
d. Belajar dari pengamatan baru kesimpulan
tujuan agar :
a. Sedini mungkin peserta didik dapat beradaptasi dalam kehidupannya39. Perana Ilmu Pengetahuan Sosial diharapkan dapat :
b. Mengenal hakikat pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial
c. Dapat membentuk manusia bejiwa sosial
d. Memamhami hakikat kehidupan sosial
a. Mendorong peradaban manusia dalam kehidupannya40. Fungsi Pendidikan Ilmu Sosial (IPS) dalam pandangan pendisikan dasar, yang pertama dan
b. Memecahkan berbagai maslah kehidupan yang dihadapinya
c. Menangani masalah sosial dalam kehidupan
d. Membentuk anak menjadi anggota masyarakat sosial
utama adalah :
a. Membangun fondasi anak sebagai anggota masyarakat dan mkhlukindividu41. Karakteristik mata p-elajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD adalah sebagai mata pelajaran yang lebih mengarah pada :
b. Menyiapkan masyarakat didik dalam era global
c. Peletak dasar kesadaran diri para siswa sebagai makhluk individu (carracter building)
d. Melandasi diri anak dengan pengetahuan tentang dunia beserta peradabannya.
a. Pembentukkan karakter (carracter building) sejak awal pendidikan dasarmanusia sampai peradabannya.
b. Mengembangkan kepribadian sebagai anak bangsa yang memiliki derajat sama dalam kehidupan
c. Penyadaran diri sebagai anggota masyarakat dan sebagai individu yang merdeka
d. Pembentukan peserta didik dalam lingkungannya, terhadap berbagai aktifitas kehidupan
42. DAP (Depelopmentally Appropiate Practice) merupakan prinsip-prinsip kesesuaian dalam pendekatan pembelajaran yang efektif. Prinsip tersebut meliputi :
a. Usia, motivasi dan kebutuhan anak43. Diperhatikan dari sifatnya materi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial tergolong sebagai pengetahuan yang :
b. Kebutuhan, kemampuan dan karakter anak
c. Perkembangan, motivasi dan usia anak
d. Perkembangan, kemampuan dan kebutuhan anak
a. Dinamis44. Pentingnya sejak usia sekolah dasar diberikan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah
b. Statis
c. Fleksibel
d. Normative
supaya:
a. Anak didik mengenal lingkungan hidup sekitarnya45. Makna mendasar dari pengenalan anak didik sebagai anggota masyarakat adalah sebagai
b. Anak didik dspst menjadi anggota masyarakat yang baik
c. Anak didik menguasai hakikat ilmu sosial
d. Anak didik dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya
proses ?
a. Penyadaran terhadap keberadaan dirinya dalam lingkungan kehidupan46. Menurut Piaget perkembangan moral anak usia SD melalui dua tahap yaitu :
b. Penanaman nilai ilmu sosial kemasyarakatan
c. Transfer ilmu pengetahuan dasar tentang hakikat ilmu sosial
d. Pendewasaan dalam mensikapi kehidupan bermasyarakat
a. Heterogen dan homogen47. Pada saat anak telah menyadari bahwa aturan dan hukum diciptakan manusia, secara prinsip dalam pandangan ilmu pendidikan, berarti anak tersebut telah memiliki tahap perkembangan :
b. Aouto dan introvet
c. Extrovet dan introvet
d. Auto nomous dan heteronomous
a. Otonomi48. Tokoh perkembangan moralitas manusia yang mengatakan bahwa anak mengalami
b. Self direction
c. Aoutnomous
d. Heteronomous
penalaran moral secara konvensional adalah :
a. Piaget49. Pendidikan Kewarganegaraan disebut juga sebagai pendidikan untuk :
b. Kohlberg
c. Bandura
d. Ki Hajar Dewantoro
a. Carracter Building50. Pendekatan pembelajaran yang dipandang sangat tepat untuk mengajarkan Pendidikan
b. Civil Education
c. Life Adjustment Education
d. self Awareness Education
Kewarganegaraan bagi anak usia SD kelas awal, diantaranya adalah :
a. selalu mengaitkan materi dengan masalah kontekstual51. Selain kita mengenal semboyan “Bhineka Tunggal Ika” sebenarnya istilah itu dilengkapi
b. pemberian contoh sebagai upaya ilustrasi materi pembelajaran
c. disesuaikan dengan kebutuhan anak usia Sekolah Dasar
d. pembelajaran yang menyenangkan bagi anak
dengan semboyan “Tan Hana Darma Mangrwa”
Makna dari semboyan kedua adalah :
a. tidak ada pengorbanan yang kedua52. Hak azasi manusia hampir di seluruh dunia pada dasarnya masih terampas oleh pihak-pihak
b. tiada pengabdian yang mendua
c. tidak ada cita-cita ganda
d. tidak ada cita-cita untuk bercerai/hancur
yang selalu ingin berbuat serakan dan menindas, sampai pada akhirnya ada sebuah deklarasi
sedunia tentang pengakuan hak azasi tersebut yang dikenal dengan :
a. Piagam Magna Charta53. Pak Andi seorang guru menceritakan cerita “Dewi Sri” kemudian guru menugaskan siswa
b. Declaration of Indefendent
c. Universal Declaration of Human Right
d. United Nation of Human Right
membuat garis-garis besar cerita. Pada kegiatan ini siswa melakukan kegiatan :
a. Menyimak ekstensif54. Pada suatu hari Bu guru Wati menugaskan murid-muridnya masuk ke perpustakaan. Lalu
b. Menyimak kritis
c. Menyimak sekilas
d. Menyimak cepat
meminta muridnya membaca buku dan melaporkan apa yang sudah dibaca. Jenis membaca
yang dilakukan oleh murid Bu Wati adalah :
a. Membaca pemahaman55. Dalam membaca tehnik yang harus diperhatikan adalah :
b. Membaca indah
c. Membaca pustaka
d. Membaca cepat
a. Penguasaan lafal, jeda, lagu dan intonasi56. Kompetensi utama yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa adalah :
b. Pemahaman isi bacaan
c. Kecepatan pemahanan isi bacaan
d. Penguasaan struktur bahasa
a. Siswa menguasai kaidah-kaidah kebahasaan57. Pendekatan yang menekankan pada kompetensi berkomunikasi pada pembelajaran bahasa adalah pendekatan :
b. Siswa menyenangi bahasa Indonesia
c. Siawa terampil berkomunikasi
d. Siswa mengagumi bahasa Indonesia
a. Pendekatan keterampilan proses58.Pendekatan Whole Language dalam pembelajaran bahasa menekankan pada pembelajaran
b. Pendekatan komunikatif
c. Pendekatan whole language
d. Pendekatan pragmatik
bahasa secara :
a. Utuh59.”Siswa mampu memahami informasi yang disampaikan secara lisan’. Tujuan pembelajaran
b. Alamiah
c. Komunikatif
d. a dan b benar
tersebut merupakan tujuan dari keterampilan berbahasa :
a. membaca60. Proses belajar menulis bersifat nonlinear, maksudnya adalah :
b. berbicara
c. menyimak
d. mendengarkan
a. menulis harus mulai dari teori
b. dalam menulis praktek dulu teori belakangan
c. kegiatan menulis dapat dimulai dari yang disenangi siwa
d. proses menulis tidak harus ada urutan-urutan tertentu dari a-z
No comments:
Post a Comment