Thursday 7 June 2012

Bulan Bung Karno

Bulan Bung Karno, Sejarah Sebagai Sumber InspirasiPuan Maharani membuka peringatan Bulan Bung Karno di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (6/6). Bulan Bung Karno adalah peringatan 67 tahun hari lahir Pancasila, sekaligus haul 111 tahun kelahiran dan 42 tahun wafatnya Bung Karno.


"Acara ini adalah tentang sejarah sebagai sumber inspirasi dan penggerak. Bukan sekadar buat bernostalgia," kata cucu Bung Karno, Puan Maharani.

Acara dibuka dengan tarian selamat datang dari Bali. Juga disajikan berbagai peristiwa dan sejarah yang berkaitan dengan gagasan serta tindakan Bung Karno. Semuanya terangkum dalam bentuk video dan foto.

Tahun ini, Bulan Bung Karno mengangkat tema besar 'Bung Karno: 111 Tahun Gagasan dan Tindakan di Mata Dunia'. Tema dipilih karena sejalan dengan gagasan dan tindakan Bung Karno. Presiden pertama itu ingin membangun tatanan dunia baru. Lebih adil dan berkeadaban.

"Gagasan, prakarsa, spirit, dan visi besar Bung Karno untuk mewujudkan tata dunia baru telah menempatkan Sang Proklamator pada posisi terhormat, sebagai pemimpin besar di mata dunia," kata ketua panitia Bulan Bung Karno 2012, Julian P. Batubara.

Acara juga dilengkapi kesaksian dari lima duta besar negara sahabat, masing-masing dari China, India, Mesir, Aljazair, dan Maroko. Mereka menyampaikan hubungan negara masing-masing dengan Bung Karno, semasa masih hidup tentunya.

Sebagai rangkaian Bulan Bung Karno, akan diadakan seminar nasional dan panggung rakyat di seluruh daerah di Indonesia. Bulan Bung Karno akan berlangsung hingga 30 Juni 2012.

Puan berharap, Bulan Bung Karno bisa menggugah kesadaran dan keberanian untuk menatap masa depan lebih baik melalui perjuangan.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

PERLU UNTUK DI BUKA