Senin, 18 Juni 2012

8 Manfaat Berjalan Kaki

woman_walking Semua orang tahu bahwa olahraga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit berbahaya yang disebutkan oleh berat badan yang berlebih. Namun tidak semua orang rajin untuk melakukannya dengan alasan malas atau tidak punya dana untuk berlatih di gym. Nah, salah satu alternatif olah fisik yang ringan dan bisa dilakukan oleh siapa saja adalah berjalan kaki. Anda bisa melakukan olahraga ini dengan mudah dan tanpa biaya. Dengan berjalan mengelilingi kampung atau kompleks perumahan Anda misalnya. Yang tinggal di apartemen dapat juga memanfaatkan jogging track yang sudah umum disediakan sebagai fasilitas oleh pihak pengelola apartemen.
Berjalan kaki selama 30 menit dengan kecepatan rata-rata 5 km/jam sudah terbukti secara signifikan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes, jantung, stroke, glukoma, osteoporosis, kanker, depresi, dan lain sebagainya. Sedangkan menurut penelitian, seorang wanita dengan berat badan rata-rata 65 kg, dapat membakar sekitar 111 kalori jika melangkahkan kaki selama setengah jam dengan kecepatan 5 km/jam. Lumayan, kan?
Berikut ini beberapa manfaat bagi kesehatan yang bisa kita dapat dengan berjalan kaki:
  1. Bisa mencapai dan mempertahankan berat badan ideal yang sehat. Latihan jalan mengurangi lemak tubuh, meningkatkan metabolisme, dan yang pasti, membakar kalori.
  2. Memperbaiki tekanan darah dan kadar kolesterol. Jalan rutin efektif menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL), dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL).
  3. Mengendalikan diabetes tipe-2. Dengan berjalan, tubuh akan mampu memproses gula dan menjaga berat badan yang sehat. Semuanya dapat mencegah atau bahkan mengendalikan kadar gula darah.
  4. Menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke. Berjalan kaki selama 30 menit sangat bagus untuk sirkulasi darah. Dengan demikian, jantung dan pemuluh darah pun menjadi oke.
  5. Mengurangi stress dan mencegah depresi. Berjalan keliling kompleks di pagi hari sangat menyegarkan. Apalagi jika Anda bisa berlatih di sebuah taman yang indah.
  6. Badan kuat, aktif, dan sehat. Semakin usia bertambah, latihan berjalan terbukti meningkatkan stamina dan membuat Anda selalu bugar.
  7. Penelitian menunjukkan, latihan jalan bisa mengurangi rasa sakit akibat arthritis dan sakit punggung. Juga bisa mencegah osteoporosis, impotensi, sembelit, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.
  8. Apabila dilakukan di pagi hari, bisa mendapatkan ekstra manfaat dari paparan sinar matahari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA