Tuesday 14 August 2012

Pemkot Surabaya Bisa Kehilangan 309 CPNS

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi A DPRD Surabaya menilai pemerintah kota setempat terancam tidak mendapatkan ganti kuota 309 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari pemerintah pusat setelah perekrutan CPNS tahun ini dibatalkan.

Anggota Komisi A DPRD Surabaya Irmanto Limantoro, Senin (13/8), mengatakan jatah rekrutmen CPNS 2012 yang dibatalkan pemkot, belum mendapat jaminan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) agar bisa dipindah pada 2013.


"Sampai sekarang belum ada jaminan. Bisa jadi kuota 309 itu tidak bisa dipindahkan ke formasi 2013, bisa juga hangus," katanya.

Komisi A bersama-sama Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya melaksanakan konsultasi ke Menpan RB beberapa waktu lalu.

Konsultasi dilaksanakan dalam rangka penolakan pemkot menggelar rekrutmen CPNS karena penggandaan soal tes CPNS dibebankan ke pemerintah daerah. Pemkot Surabaya berargumen khawatir soal tes CPNS bocor.

Irwanto mengatakan, pemerintah pusat baru sebatas menjanjikan untuk mengupayakan formasi 309 CPNS itu bisa digantikan di tahun 2013. Dengan demikian, jika Pemkot Surabaya tahun depan mendapatkan kuota rekrutmen CPNS dalam jumlah tertentu, maka jumlah itu masih akan ditambah 309 CPNS hasil limpahan di tahun 2012.

"Tapi ini belum tentu berhasil. Jika gagal, menurut saya, pemkot yang akan rugi," ujarnya.

Kerugiannya adalah pemkot semestinya mendapatkan tambahan kuota 309 CPNS. Dalam rekrutmen tahun 2012 ini, tidak semua daerah mendapatkan persetujuan oleh pemerintah pusat.

Bahkan di Jawa, hanya tiga kota yang disetujui. Apalagi kuota Surabaya paling banyak.

"Bandingkan dengan kota lain yang tidak mendapatkan jatah rekrutmen. Ini bisa kerugian besar," tegas politikus Partai Demokrat ini.

Anggota Komisi A lainnya Erick Reginal Tahalele, membenarkan pernyataan Irwanto. Ia mengatakan memang tidak ada jaminan pemkot akan mendapatkan kuota 309 CPNS yang ditolak proses rekrutmennya tahun ini.

"Pemkot memang meminta kuota 309 CPNS digabungkan dengan rekrutmen tahun 2013. Tapi belum tentu disetujui," kata Erick.(Ant/RZY)

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

PERLU UNTUK DI BUKA