Minggu, 06 Januari 2013

Suka Ngantuk di Kelas? Ini Tips nya...


Pernah merasa ngantuk saat dikelas? Rasa kantuk merupakan hal yang bersifat umum dan bisa di alami oleh siapa saja namun akan menjadi masalah jika rasa kantuk datang di saat yang tak tepat. Seperti saja ketika guru menjelaskan di depan tiba-tiba rasa kantuk itu datang dan akhirnya kita terbuai dalam mimpi apabila kita dapat menahannya.


Apa yang akan terjadi? Guru akan melihat kita tidur sehingga bisa di tegur dan kita juga jadi tidak dapat menyimak dengan baik pelajaran di kelas.
Mengapa suka ngantuk ? Salah satu faktor nya mungkin guru tersebut menggunakan metode pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa bosan, suasana kelas yang begitu -begitu saja, serta dari kondisi siswa itu sendiri seperti tidur larut malam, suka makan makanan yang manis dan terlalu banyak makan.

Terus bagaimana solusi untuk menghilangkan rasa kantuk itu? Mungkin cara berikut ini dapat dicoba:

1. Membuat catatan
Pada saat kita berhadapan dengan guru yang membosankan, misalnya sang guru hanya mengajar dengan melakukan metode ceramah terus menerus tanpa melibatkan para siswa untuk berpartisipasi atau aktif di kelas. Solusinya adalah dengan membuat catatan. Ambil buku tulis, dengarkan penjelasan sang guru tentang mata pelajaran yang sedang di jelaskan, kemudian catatlah hal-hal yang menurut kita penting. Dengan cara ini diharapkan kita tidak akan mengantuk. Malahan jika kita bersedia membuat catatan yang berisikan rangkuman poin-poin penting dari penjelasan sang guru, kita akan memperoleh resapan ilmu yang baik.

2. Cobalah ambil bagian di kelas
Jika berada di dalam kelas, jangan hanya diam saja dan menjadi pendengar sejati. Jangan sungkan-sungkan untuk mengangkat tangan dan menanyakan hal-hal yang dijelaskan oleh guru.

3. Jangan terlalu banyak meminum minuman atau makan makanan yang manis
Jika kita minum minuman yang manis dan makan makanan yang manis terlalu banyak akan membuat gula darah kita meningkat dan akan membuat kita lebih mudah untuk merasa lemas dan capek. Coba perhatikan jika setelah waktu istirahat, kita pergi kekantin dan makan minum yang banyak. Kemudian kita kembali kekelas untuk belajar, biasanya akan lebih mudah ngantuk. Hal ini dikarenakan asupan makan yang kita makan tersebut terlalu banyak kadar gula yang tinggi.

4. Usapkan kedua tangan ke wajah
Ketika rasa mengantuk datang, cobalah gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa agak hangat. Kemudian tempelkan ke mata. Dengan ini mata akan terasa hangat dan membuat ngantuknya jadi hilang.

5. Cobalah makan permen
Nah yang satu ini mungkin adalah cara efektif untuk menghilangkan rasa ngantuk namun permen yang dimakan adalah permen yang dapat membuat anda benar-benar terbangun seperti permen pedas, asem dan kopi. Tapi jangan sampai ketahuan guru yah. Cara ini dapat dilakukan jika memang kita benar-benar tidak dapat menahan rasa ngantuk

6. Basuh wajah dengan air
Jika memang tidak dapat menahan ngantuk, cobalah izin kepada guru untuk pergi ke toilet lalu basahi muka dengan air sehingga rasa dingin air dapat membuka mata dan mengurangi rasa kantuk.

7. Minum air putih yang banyak
Salah satu datangnya rasa kantuk adalah kekurangan pasokan oksigen dalam tubuh sehingga tubuh hanya berisi angin. Angin tersebut dapat melemaskan tubuh kita sehingga badan lelah dan ingin beristirahat. Untuk itu minumlah air putih yang banyak saat istirahat supaya badan tetap fit.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA