Minggu, 06 Januari 2013

Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan Dini

Apakah anda merasa tubuh terutama wajah memiliki perubahan yang tidak sebanding dengan usia ? Jika ya, hati-hati terutama bagi kaum hawa karena anda mengalami penuaan dini. Secara umum mungkin jika pria yang mengalami penuaan dini biasanya tidak mempermasalahkanya. Namun bagi wanita, penuaan dini merupakan momok yang menakutkan wanita selalu ingin terlihat cantik.

Penuaan dini bisa terjadi kepada siapa saja bahkan anak-anak sekalipun. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti polusi udara dari kendaraan yang menebar radikal bebas. Selain itu, proses penuaan dini juga dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan tak sehat yang dikonsumsi hampir setiap hari.

Apakah jenis makanan tersebut? Berikut ulasanya mengenai makanan yang mempercepat penuaan dini.

1. Junk Food (Makanan Siap Saji)
Minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan cepat saji biasanya akan dipakai terus berulang-ulang dan mengandung lemak jenuh. Sehingga apabila makanan tersebut masuk ke dalam tubuh akan berdampak buruk untuk kesehatan. Minyak adalah radikal bebas dan bisa memicu kanker. Untuk menetralkan radikal bebas perlu antioksidan. Kalau misalnya antioksidan dipakai untuk makanan yang tidak baik, akhirnya penggantian sel-sel terhambat. Inilah yang mengakibatkan penuaan dini.

2. Lemak Jenuh Produk Hewani
Lemak yang terdapat pada daging, kulit unggas dan segala bagian dalam hewan yang terkandung di dalamnya mengandung lemak jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan cardiac disease seperti jantung dan stroke. Makanan ini juga dapat mengakibatkan obesitas dan penuaan dini.

3. Minuman Beralkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan telah terbukti dapat merusak fungsi hati dan pencernaan. Ujungnya, sistem kekebalan tubuh pun tidak mampu melawan radikal bebas sehingga dapat mempercepat penuaan.

4. Daging yang Mengandung Nitrat
Nitrat ditemukan dalam daging yang biasanya digunakan untuk bahan hot dog, fungsinya adalah untuk mempertahankan warna merah daging dan mengatasi mikroba yang merugikan. Penggunaan nitrat sebenarnya tidak berbahaya, tetapi nitrat ini dapat dikonversi menjadi nitrit ketika berada di dalam tubuh.

5. Makanan mengandung Olestra
Olestra atau lemak sintetis biasanya digunakan dalam pembuatan keripik kentang berlabel ‘non fat’ dan makanan ringan lainnya. Berlabel ‘non fat’ tidak menjamin makanan ini sehat. Olestra yang digunakan sebagai pengganti lemak dapat melarutkan dan mengikat vitamin A, E, D, dan K, karotenoid dan antioksidan yang diperlukan tubuh untuk mencegah penuaan dini.

6. Minuman Berkarbonasi
Minuman berkarbonasI mengandung gula dan zat aditif yang cukup tinggi. Pada tingkat lanjut dapat menyebabkan diabetes, merusak sistem imun tubuh dan meningkatkan risiko penuaan dini akibat radikal bebas.

Mengerikan bukan? Selain mempercepat proses penuaan juga tidak lepas dari penyakit pembunuh seperti serangan jantung. Mulai sekarang kurangilah makanan yang mengandung lemak jahat jika bisa hindarilah makanan tersebut dan menggantinya dengan makanan yang bernutrisi tinggi.

(Dikutip dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. mungkin harus di imbangi dengan memperbanyak makan sayur bayam

    BalasHapus

PERLU UNTUK DI BUKA