Minggu, 06 Januari 2013

Inilah Penyebab Kelelahan Setelah Bangun Tidur


Ketika anda bangun pagi, pasti tubuh merasa segar setelah istirahan semalaman. Namun hal ini tidak semua orang merasakan hal tersebut. Bukan membuat tubuh segar malah membuat tubuh menjadi lemas selain itu badan terasa pegal-pegal sehingga orang berpikiran akan melanjutkan tidurnya. Padahal ia harus melakukan aktivitas sehari-harinya. Sebenarnya tidur itu memulihkan energi kita setelah kita melakukan aktivitas seharian bukannya menyisahkan efek kelelahan. Mungkin anda berpikir kenapa hal tersebut bisa terjadi. Untuk itu, ada beberapa hal yang anda tidak sadari yang menyebabkan anda lemas saat bangun pagi.

1. Bermain internet sampai larut malam
Jejaring sosial yang dewasa ini ngetop di dunia sebut saja Facebook, Twitter, Yahoo, Gmail dan aplikasi lainnya juga termasuk games online. Dengan anda berselancar di dunia maya membuat waktu terasa cepat sekali sehingga anda tidak menyadari jika waktu sudah larut malam dan mengurangi jam tidur anda. Inilah yang membuat anda bangun kesiangan dan tubuh anda menjadi lemas.

2. Jarang Olahraga
Selain membakar lemak, olahraga juga membakar energi agar tubuh tetap bugar. Namun jika anda jarang berolahraga, energi yang berada di tubuh akan menumpuk sehingga membuat tubuh anda lemas dan akibatnya tidur tidak akan nyenyak dan sering terbangun pada malam hari sehingga kesiangan.

3. Makan makanan pedas saat makan malam
Makanan yang pedas mengakibatkan tidur anda tidak tenang karena pedas menimbulkan rasa yang kurang nyaman bagi perut ketika anda ingin tidur sehingga tidaklah heran anda buang air akibat pedasnya makanan yang di makan. Anda tidak akan bisa tidur dengan kerongkongan terbakar atau sambil bersendawa akibat mulas. Untuk yang sering terbangun pada malam hari, hindari makanan yang bersifat pedas, buah jeruk, saus tomat dan makanan lain yang menyebabkan pencernaan menjadi terganggu.

4. Suka minuman berakohol
Minuman berakohol dan soda seperti bir, cocacola, sprite dan minuman alkohol lainnya saat malam hari membuat anda sering buang air kecil sehingga menggangu sekaligus mengurangi jam tidur anda. Selain itu minum alkohol dapat merusak pola tidur kita dan menyebabkan kondisi yang terlalu lelah bagi tubuh anda.

5. Memikirkan masalah-masalah tertentu
Mungkin sebelum tidur seringkali terlintas masalah-masalah yang terjadi beberapa waktu yang lalu seperti urusan percintaan, masalah di tempat kerja, maupun masalah dalam keluarga. Untuk menghindari hal seperti itu, cobalah anda menuliskan keluh kesah anda di buku diary sehingga dapat tertidur dengan nyenyak.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA