Tuesday 29 September 2015

Cara Menambahkan Data Riwayat Mengajar di PUPNS BKN

Bagaimana Cara Menambah, Mengubah, atau Menghapus Data Guru di PUPNS?

Pada saat melakukan pengisian data di layanan e-PUPNS BKN di http://pupns.bkn.go.id/ apabila anda berprofesi sebagai seorang guru, maka anda diharuskan mengisi DATA GURU. Saat ini kebanyakan guru menemukan bahwa DATA GURU mereka di PUPNS masih belum lengkap. Beberapa bahkan mengalami kesalahan sehingga harus diperbaiki. Cara memperbaiki data ini dapat dilakukan dengan melakukan pengeditan melalui tombol UBAH yang terdapat pada bagian data RIWAYAT MENGAJAR. Kemudian, jika kesalahan data begitu besar, maka mungkin paling mudah adalah melakukan pengahpusan melalui tombol HAPUS yang ada di samping tombol UBAH tadi.

Perhatikan gambar berikut. Gambar ini merupakan tangkapan layar monitor akun seorang guru pada bagian menu DATA GURU. Data ini dengan mudah dapat dilihat saat PNS yang bersangkutan berada dalam posisi login.
cara menambahkan data riwayat mengajar di pupns 2015
bagaimana? data riwayat mengajar saya tidak lengkap di pupns?

Cara Menambahkan DATA GURU

Sebenarnya ada dua (2) bagian penting menu DATA GURU di PUPNS 2015 ini. Data yang pertama adalah berkaitan dengan DATA RIWAYAT MENGAJAR GURU, dan data yang kedua berkaitan dengan DATA SERTIFIKASI GURU.

Pada tutorial kali ini kita lebih banyak mengupas tentang cara menambahkan DATA RIWAYAT MENGAJAR GURU karena data ini biasanya lebih banyak dan relatif lebih membingungkan cara editnya dibanding DATA SERTIFIKASI GURU. Baiklah kita mulai.

  • Dalam posisi login di situs http://pupns.bkn.go.id/ bukalah menu DATA GURU.
  • Perhatikanlah data pada tabel RIWAYAT MENGAJAR anda. Apakah sudah lengkap dan benar?
  • Jika data ini tidak lengkap, salah, atau kurang, maka anda harus melakukan pengeditan. Misalnya dalam kasus saya, PNS guru ini hanya mempunyai 2 sekolah RIWAYAT MENGAJAR, padahal ia telah mengajar di 3 sekolah. Jadi ada 1 sekolah yang tidak terdata pada PUPNS yang merupakan sumbernya merupakan data base BKN. 
  • Untuk menambahkan sekolah tempat guru ini mengajar, maka ia mengklik tombol berwarna biru (GAMBAR 1 DI ATAS), yang bertuliskan TAMBAH.
  • Sesudah diklik maka akan terbuka form untuk menambahkan sekolah yang diinginkan, seperti Gambar berikut.
cara menambahkan data riwayat mengajar di pupns 2015 1
menambahkan sekolah induk/satmingkal (satuan admin pangkal) pupns
  • Mulailah mengetik NAMA SEKOLAH INDUK / SATMINGKAL yang belum tercantum di data base BKN pada sistem PUPNS tersebut seperti Gambar di atas. Ketikkan perlahan sehingga sistem PUPNS merespon dengan memunculkan menu pilihan drop down.
  • Pilihlah sekolah yang diberikan (jika ada tercantum). Jika sekolah RIWAYAT MENGAJAR tidak ditemukan sistem, perhatikan apakah anda melakukan kesalahan ketik atau tidak. 
  • Jika anda tidak melakukan kesalahan ketik dan NAMA SEKOLAH INDUK / SATMINGKAL (Satuan Admin Pangkal) anda mengajar tetap tidak ditemukan, maka anda harus meminta bantuan help desk pengelola (admin) PUPNS BKN. Caranya klik tombol berwarna merah di sebelah kanan formulir. Isikan NAMA SEKOLAH INDUK / SATMINGKAL tersebut. Setelah anda mengirim permintaan bantuan ini, help desk akan memberikan tiket dalam bentuk sebuah kartu berisi nomor (kode) untuk anda melakukan pengecekan status permohonan bantuan anda itu.
  • Beginilah tampilan pengajuan help desk untuk penambahan NAMA SEKOLAH INDUK/SATMINGKAL (Satuan Admin Pangkal).
cara menambahkan data riwayat mengajar di pupns 2015 2
ini contoh form untuk mengajukan bantuan pada help desk pupns
  • Selanjutnya.... Perhatikan Gambar berikut.
cara menambahkan data riwayat mengajar di pupns 2015 3
memilih bidang studi pada data riwayat mengajar
  • Baiklah, sekarang kita lanjutkan lagi mengisi form DATA GURU - RIWAYAT MENGAJAR ini.
  • Setelah anda memilih nama sekolah induk/satmingkal, selanjutnya isilah NAMA SEKOLAH MENGAJAR. 
  • Kemudian pilih BIDANG STUDI mengajar anda. Caranya klik segitiga kecil di ujung kanan isian, maka akan muncul menu drop down untuk dipilih. Misal, di contoh ini dipilih GURU MATA PELAJARAN.
  • Lanjut... untuk form MATA PELAJARAN, klik lagi segitiga kecil di ujung kanan untuk memunculkan pilihan pada menu drop down. Misalnya, di contoh ini dipilih mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
cara menambahkan data riwayat mengajar di pupns 2015 4
memilih mata pelajaran yang diampu
  • Terakhir, ketikkan tanggal SK (Surat Keputusan) ketika anda pertama kali bertugas di sekolah tersebut, lihat Gambar berikut.
  • Lalu klik tombol biru SIMPAN.
cara menambahkan data riwayat mengajar di pupns 2015 5
mencantumkan tanggal SK tugas
  • Nah, sekarang perhatikan kembali tabel DATA GURU bagian RIWAYAT MENGAJAR, sekarang sudah ditambahkan data mengajar anda sekolah yang sebelumnya tidak ada.
cara menambahkan data riwayat mengajar di pupns 2015 6
sekarang data guru - riwayat mengajar telah lengkap...
Demikian Cara Menambahkan Data Guru - RIWAYAT MENGAJAR di PUPNS 2015 BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

PERLU UNTUK DI BUKA