Kamis, 27 Juni 2013

Pemprov Sulsel Gratiskan SPP bagi Mahasiswa Baru

Makassar—Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) mulai Tahun Pelajaran baru ini akan menggratiskan biaya SPP bagi mahasiswa baru. Ketentuan ini berlaku baik bagi perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, kunci kemajuan Sulawesi Selatan adalah pada pendidikan. Menurut dia, jika sumber daya manusianya hanya lulusan sekolah dasar atau sekolah menengah maka sulit untuk maju.
“Kalau orang-orangnya hanya berlabel SD, SMP, atau SMA tidak mungkin (maju). Minimal 10 persen lulusan sarjana,” katanya pada Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Clarion, Mahassar, Sulawesi Selatan,  Rabu, (26/6/2013).
Syahrul menyampaikan, SPP yang digratiskan adalah untuk universitas terakreditas A dan B, sedangkan untuk akreditasi C kemungkinan diberikan secara selektif.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyambut baik rencana ini. Mendikbud menilai, kebijakan ini merupakan langkah berani. “Saya seribu persen setuju. Ini ide yang sangat berani, yang pro rakyat,” katanya.
Mendikbud mengatakan, pemerintah berusaha dengan sungguh-sungguh mengajak anak-anak untuk sekolah termasuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Menurut Mendikbud,  kebijakan yang dirintis Gubernur Sulsel ini hasilnya akan dipetik dalam jangka panjang. “Dengan adanya bantuan SPP itu maka akan semakin banyak adik-adik kita yang bisa masuk kuliah,” katanya.
Menteri Nuh menambahkan, kementerian telah menyiapkan dana bagi mahasiswa keluarga miskin melalui beasiswa Bidik Misi. Untuk PTN, kata Mendikbud, telah disiapkan bantuan operasional PTN. “Untuk PTS diberikan dana hibah,” katanya. (ASW).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PERLU UNTUK DI BUKA